Article

Merayakan Hari Jadinya yang Pertama, Fakultas Kedokteran Universitas Presiden Gelar Lomba Balita Sehat, Permainan, dan Seminar

Pada hari Minggu, 25 Agustus 2024, Fakultas Kedokteran Universitas Presiden (Presuniv) mengadakan Lomba Balita Sehat di kampusnya yang terletak di Jalan Taman Golf Timur 1 No. 100, Kota Jababeka, Cikarang. Acara ini merupakan bagian dari inisiatif pengabdian masyarakat Fakultas dan juga berfungsi sebagai kesempatan pembelajaran praktis bagi para mahasiswa kedokteran.

Lomba ini diikuti oleh lebih dari 100 anak yang berusia antara 6 bulan hingga 8 tahun, yang didampingi oleh orang tua mereka. Setiap anak menjalani pemeriksaan kesehatan individual yang dilakukan oleh para mahasiswa, yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan pengalaman berinteraksi langsung dengan orang tua dan anak-anak mereka.


Selain pemeriksaan kesehatan bagi anak-anak, para orang tua juga mendapatkan kesempatan untuk menghadiri seminar kesehatan anak yang disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Budi Setiabudiawan, Sp.A(K), M.Kes., dan Dr. Ely Yulian Sp.A. M.Kes. Prof. Budi menekankan pentingnya memastikan semua kebutuhan ibu hamil terpenuhi selama masa kehamilan. Dia juga menegaskan pentingnya menjaga kesehatan calon ibu sejak usia muda. “Jika tidak, akan ada banyak risiko yang bisa dihadapi oleh ibu dan anak,” katanya.

Dr. Ely menjelaskan bahwa merawat bayi baru lahir memerlukan perhatian yang setara, jika tidak lebih. “Ini bukan hanya tentang memenuhi kebutuhan gizi mereka, tetapi juga kebutuhan kesehatan lainnya. Misalnya, vaksinasi mereka harus dipantau dengan cermat,” jelas Ely.

Selama sesi tersebut, Prof. Budi dan Dr. Ely juga membahas berbagai topik penting lainnya bagi para orang tua, seperti dampak kekurangan vitamin pada wanita dan ibu hamil, serta masalah umum yang dihadapi oleh para orang tua beserta solusinya. Acara ini juga menampilkan lomba-lomba ringan yang melibatkan orang tua dan anak-anak mereka, menambah elemen kesenangan dan keterlibatan dalam kegiatan hari itu. (Graciella V, Tim PR. Foto: Graciella V).

Your Journey Begins Here!